Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekspor Minyak Sawit Capai Rekor di Agustus 2018, India Pembeli Terbesar 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 04 Oktober 2018 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Industri kelapa sawit Indonesia boleh lega memasuki semester II tahun ini setelah kinerja ekspor minyak sawit dan produk turunannya mencatat level tertinggi secara bulanan.

Volume ekspor minyak sawit termasuk CPO, PKO dan turunannya, oleochemical dan biodiesel, sepanjang Agustus tahun ini membukukan rekor tertinggi selama sejarah ekspor bulanan, yakni mencapai 3,3 juta ton.

"Penjualan ke pasar dunia untuk minyak sawit mencapai 2,99 juta ton atau terbesar sepanjang 2018. India menjadi negara dengan kontribusi pembelian terbesar, yang mencapai 823.000 ton," kata Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Mukti Sardjono, dalam keterangan tertulisnya medio pekan ini.

Tingginya permintaan sawit dari India, menurut Mukti, dipicu perselisihan dagang antara India dan Amerika Serikat (AS). Sejak Juni, India menaikkan tarif bea masuk impor crude and refined products kedelai, bunga matahari, kacang tanah, dan rapeseed, masing-masing 35% untuk refined products dan 45% untuk crude grades. 

"Padahal, selama ini India merupakan pasar besar bagi produk minyak nabati AS, yakni minyak kedelai," papar dia. 

Mukti menambahkan, dengan kebijakan proteksionisme itu, pasokan produk minyak nabati dari AS tersendat. 

"Indonesia mengambil peluang untuk mengisi kekosongan minyak nabati di India," tutur Mukti. (NEDELYA RAMADHANI/m)
 

Berita Terbaru