Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Taman Nasional Sebangau Wilayah Katingan Aman dari Kebakaran

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Oktober 2018 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Taman Nasional (TN) Sebangau yang berada di wilayah Kabupaten Katingan sampai saat ini dilaporkan aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Sampai sekarang Taman Nasional Sebangau di wilayah Kabupaten Katingan itu belum ada laporan terkait karhutla, masih aman," ujar Bupati Katingan, Sakariyas, Kamis (4/10/2018).

Menurut Sakariyas, sejauh ini TN Sebangau yang ada di wilayahnya itu dijaga oleh pihak terkait, seperti WWF maupun dari balai TN Sebangau sendiri.

Selain itu, masyarakat sekitar TN Sebangau juga turut menjaga kawasan TN Sebangau tersebut. Sakariyas mengaku pada kemarau tahun 2015 lalu sebagian kawasan di TN Sebangau wilayah Katingan mengalami kebakaran atau karutla.

"Harapan kita pada musim kemarau tahun ini kawasan TN Sebangau di wilayah Kabupaten Katingan itu aman dari karhutla, begitu juga dengan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya juga jangan sampai terjadi karhutla," harapnya.

Sementara terkait kabut asap di Kota Kasongan dan sekitarnya yang sudah lebih dari sepekan terjadi, Sakariyas mengaku jika kualitas udara di Kasongan dan sekitarnya masih tergolong aman.

"Saya kira kalau melihat kabut asapnya yang tidak terlalu pekat itu kualitas udara wilayah kita masih tergolong aman," ujarnya.

Namun begitu, ia menyarankan kepada warga terutama para pelajar atau anak sekolah agar memakai masker saat berada di luar rumah atau ruangan kelas untuk menghindari serangan penyakit Ispa. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru