Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angkutan Lebihi Bobot Percepat Kerusakan Jalan

  • Oleh Naco
  • 04 Oktober 2018 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Muhammad Shaleh, Kamis (4/10/2018) mengatakan, angkutan yang melebihi bobot jalan dan bebas melenggang, menjadi salah satu faktor penyebab yang mempercepat kerusakan jalan.

Dia mengatakan, yang paling sering ditemukan adalah angkutan CPO. Angkutan yang tujuannya Pelabuhan Bagendang itu kerap melintasi jalan perkotaan. 

Padahal, pemkab sudah membangun jalan dari lingkar Utara hingga Selatan, yang seyogyanya untuk angkutan besar dan berat.

Terkait itu, Shaleh mempertanyakan angkutan tersebut apakah memang tidak tahu, atau sengaja memanfaatkan kelengahan pemerintah dalam mengawasi pengguna jalan tersebut.

"Umur jalan semakin tidak lama akibat rendahnya kesadaran pengguna jalan itu sendiri. Dampaknya, anggaran daerah yang terkena imbasnya (perbaikan terus menerus)," kata Shaleh.

Bisa dilihat lanjut kondisi jalan dalam kota. Tidak lama setelah diperbaiki, sudah muncul kerusakan. Hal itu lantaran kerap dilintasi kendaraan dengan berat melebihi kapasitas jalan.

Dinas Perhubungan pun diminta menindak angkutan yang melintas dalam kota ini dengan muatan melebihi kapasitas jalan dalam kota. (NACO/B-11)

Berita Terbaru