Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Vasinasi Hewan Waspadai Penyakit Eksotik dan Zoonosis

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Oktober 2018 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara memvaksin hewan yang dapat membawa penyakit eksotik dan zoonosis.

"Kita telah melakukan vaksinasi terhadap hewan seperti anjing, kucing, dan kera. Vaksin ini dilakukan per semester atau dua kali dalam satu tahun," ungkap Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat, Kamis (4/10/2018).

Menurutnya, pemberian vaksin bagi hewan di Kabupaten Sukamara merupakan bentuk kewaspadaan terhadap masuknya penyakit eksotik yang bersifat zoonosis.

Penyakit itu dibawa oleh hewan atau produk asal hewan dari negara-negara yang tergabung dalam perdagangan bebas pemerintah pusat dan daerah.

"Pulau Kalimantan diupayakan bebas rabies pada 2025 dan penyakit zoonosis lainnya melalui surveilans penyakit eksotik dan zoonosis oleh Balai Veteriner Banjarbaru, Pusvetma Surabaya dan UPT Lab Keswan dan Kesmavet Provinsi Kalteng," tuturnya.

Syamsir melanjutkan, untuk mendukung program tersebut pihaknya memperketat pengawasan lalu lintas hewan dan produk asal hewan dengan menerbitkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dan mentertibkan kelengkapan dokumen lainnya serta mengaktifkan check point. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru