Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Pangkalan Bun Tangkap Ular Piton 5 Meter

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Oktober 2018 - 11:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain fungsi utama tugasnya melakukan memadamkan api saat peristiwa kebakaran, namun anggota Damkar juga mempunyai beberapa tugas lain. Di antaranya melakukan evakuasi satwa liar yang masuk pemukiman warga.

Seperti yang terjadi Jumat (5/10/2018) sekitar pukul 01.05 WIB. Pasca mendapatkan laporan dari warga bahwa ada ular piton atau sawa yang masuk ke rumahnya, beberapa anggota Satuan Damkar Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) langsung meluncur ke TKP untuk melakukan evakuasi.

"Dini hari tadi anggota yang sedang jaga dihubungi oleh warga bahwa ada ular piton masuk ke rumah milik Gusti Basri Jalan Pakunegara RT 17 Kelurahan Raja, Pangkalan Bun," jelas Kepala Satpol PP dan Damkar Kobar, Majerum Purni.

Ternyata memang benar di rumah tersebut ada ular dengan ukuran cukup besar. "Proses penangkapan dan evakuasi memakan waktu selama 40 menit. Setelah dilakukan pengukuran fisik ular ini diketahui panjangnya mencapai 5 meter dan berat 25 Kg," jelasnya.

Saat ini ular tersebut maaih diamankan di kantor Damkar dan rencananya akan diserahkan ke Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng.

"Saat ini kami masih berkoordinasi dengan pihak SKW II Pangkalan Bun terkait tindak lanjut penanganan ular ini," tandasnya. (YUDA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru