Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BPBD Katingan Sebut Lahan Gambut Sulit Dipadamkan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Oktober 2018 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Icing mengatakan lahan gambut yang sudah terbakar akan sulit untuk dipadamkan.

"Apalagi lokasi kebakarannya sulit dijangkau dengan sumber air terbatas, maka akan menyulitkan tim gabungan untuk memadamkannya," kata Kepala BPBD Katingan, Icing, Jumat (5/10/2018).

Untuk itu, ia berharap kepada warga yang akan membuka pekarangan atau lahan untuk usaha pertanian diimbau tidak dengan cara bakar dalam pembersihan lahan tersebut.

Selain di wilayah Kecamatan Katingan Hilir, lahan gambut tebal juga berada di wilayah Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang dan Tewang Sanggalang Garing.

Icing mengaku saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan di sejumlah wilayah yang dianggap rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) itu.

Dari laporan sementara, saat ini tidak ada titik panas di wilayah Katingan. Sedangkan terkait kabut asap yang sejak beberapa hari terakhir menyelimuti Kota Kasongan dan sekitarnya, Icing menyebut kalau kabut asap itu adalah kiriman dari daerah lain seperti Kabupaten Kotim dan Kota Palangkaraya maupun daerah lainnya.(ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru