Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kota Palangka Raya Masih Perlu Banyak Bank Sampah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Oktober 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung mengatakan darah ini masih memerlukan banyak bank sampah. Hal itu menyikapi diefektifkannya Peraturan Daerah (perda) tentang Sampah per 1 Oktober 2018.

"Keberadaan bank sampah di Kota Palangka Raya hingga kini masih belum maksimal dimanfaatkan masyarakat. Sebab, bank sampah yang ada masih belum tersebar secara merata di Kota Palangka Raya," kata Nenie, Minggu (7/10/2018).

Dia menambahkan, bank sampah di Palangka Raya terbilang masih sedikit. Padahal keberadaan bank sampah dapat menjadi wadah untuk mereduksi sampah organik maupun non organik.

"Informasi yang kita dapatkan, saat ini sudah ada 30 bank sampah di Palangka Raya. Itu tersebar di seluruh Palangka Raya kecuali di Kecamatan Rakumpit. Tetapi kelihatannya itu juga belum efektif berarti belum cukup banyak untuk menangani persampahan di Kota Cantik," tambahnya.

Menurut Nenie, pihaknya pernah studi banding terkait bank sampah  di daerah Jakarta. Di sana keberadaan bank sampah pada setiap kelurahan ataupun kecamatan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Terutama untuk memilah sampah yang bernilai ekonomis ataupun dapat didaur ulang, baik sebagai pupuk atau produk kerajinan dan lain-lain.

"Dilihat dari sisi positifnya, apabila keberadaan bank sampah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, maka setidaknya besaran ton sampah yang diantar ke TPA dapat dikurangi. Harusnya kan ada di setiap kelurahan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru