Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Perhubungan dan Pemkab Kobar Kampanyekan Keselamatan Pelayaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Oktober 2018 - 11:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan kampanye keselamatan pelayaran di Pelabuhan Tanjung Puting, Kumai, Senin (8/10/2018) pagi.

Kampanye ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran para pelaku dan pengguna jasa transportasi laut.

"Kobar sebagai salah satu daerah wisata harus memiliki keselamatan pelayaran yang sesuai aturan yang berlaku saat ini," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Raden Agus H Purnomo.

Dia menerangkan, keselamatan pelayaran sudah harus saatnya dilakukan. Apalagi saat ini Kobar menggalakan pariwisata, sehingga untuk meningkatkan kepercayaan para wisatawan asing, maka kemananan transportasi harus diperhatikan.

Salah satu upaya yang dilakukan pihaknya yakni melakukan uji petik kelayakan kapal penumpang tradisional yang melayani penumpang dan wisatawan.

"Setidaknya ada 500 kapal penumpang tradisional di Kumai ini dan secara acak akan dilakukan uji petik pada hari ini," katanya.

Dengan adanya uji petik tersebut, maka seluruh kapal nantinya harus memiliki sertifikat. Begitu juga dengan nahkoda dan kapten kapal yang harus memiliki sertifikat pelatihan. Jika hal itu tidak ada, maka akan langsung ditertibkan. Tidak hanya memperhatikan sertifikat kapal, dan juga para nahkoda saja.

Namun juga keselamatan penumpang jadi hal yang utama. Sehingga pihaknya memberikan bantuan berupa 350 pelampung kepada sejumlah kapal penumpang di Pelabuhan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Ini sebagai langkah kami untuk kampanyekan keselamatan pelayaran, sehingga kedepannya para wisatawan semakin mempercayakan Pangkalan Bun ini sebagai tempat berwisata yang aman, baik dari segi transportasi maupun lainnya," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Kobar, Nurhidayah menyambut baik uji petik ini, sehingga keselamatan transfortasi air di wilayah Kobar semakin meningkat dan dapat menjadi kepercayaan bagi wisatawan asing untuk berwisata ke daerah ini.

Berita Terbaru