Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tari Babukung dan Manyumpit Jadi Daya Tarik Peserta Relly Yacht Wonderful Sail Indonesia

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Oktober 2018 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebudayaan lokal seakan tidak ada habisnya untuk menarik minat para wisatawan asing yang datang ke Indonesia, tidak terkecuali, para peserta Rally Yacht Wonderful Sail Indonesia yang datang ke Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). 

Mereka ternyata sangat tertarik dengan kebudayaan lokal Kalimantan Tengah (Kalteng). Seperti Tari Babukung, yang merupakan tari khas Kabupaten Lamandau. Para touris tersebut terlihat menikmati sajian tarian tersebut. 

Hal itu dikarenakan keunikan tarian tersebut, yang memiliki dua makna dalam kegiatan ritual Tari Babukung sebagai sebuah tradisi masyarakat adat Dayak dengan kepercayaan keharingan terdahulu. Yakni, saling membantu, bersedekah kepada keluarga korban yang ditinggal mati, dan makna berbagi yang dituangkan dalam bentuk menghibur orang yang bersedih ditinggal keluarga yang meninggal dengan tarian-tarian lucu tersebut. 

Dalam kegiatan itu, para turis juga tidak meninggalkan momentum tersebut. Masing-masing dari mereka banyak yang langsung mengabadikan moment tersebut dengan kamera telepon genggam maupun LSR atau mirorles yang dibawa mereka. 

"Kami sengaja memperkenalkan budaya tari ini, karena merupakan salah satu budaya Kalimantan Tengah," ujar Bupati Kobar Hj Nurhidayah. 

Selain Tari Babukung, Manyumpit juga menjadi perhatian para touris. Mereka langsung mencoba olahraga tradisional tersebut, dengan didampingi langsung oleh para penggiat olahraga tradisional tersebut. 

Mereka terlihat cukup menikmati dan saling bergantian mencoba olahraga tersebut. Sehingga hal itupun membuat para touris lainnya berkumpul, untuk menyaksikan olahraga itu. (MUHAMMAD HAMIM/m)

Berita Terbaru