Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor CPO Netral, Saham SSMS Direkomendasi Beli

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 08 Oktober 2018 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Harga minyak sawit berpotensi melemah pada semester kedua tahun ini karena produksi minyak sawit mentah (CPO) global akan meningkat dibandingkan semester pertama 2018.

"Kami melihat harga CPO global akan melemah pada semester kedua ini karena produksi CPO global yang lebih tinggi daripada semester pertama tahun ini," kata analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Andy Wibowo, dalam risetnya awal pekan ini.

Namun, Andy mempertahankan rekomendasi Netral pada sektor CPO dan mengurangi proyeksi rata-rata harga CPO global sepanjang 2018 hingga 2019 menjadi RM2.700/ton dan RM2.800/ton (-8,5% dan -9,7% dari perkiraan sebelumnya).

"Saham rekomendasi kami dalam sektor CPO adalah PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) karena landbank mereka yang besar memberikan ruang untuk tumbuh dalam jangka panjang," papar dia.

Andy melihat pemain biodiesel juga masih optimistis, tetapi hati-hati tentang keberlanjutan dari harga minyak mentah Brent. 

"Pemain biodiesel tidak akan meningkatkan kapasitas produksi mereka dalam waktu dekat. Untuk jangka panjang, kami juga melihat bahwa pemain CPO Indonesia akan lebih sulit mendapatkan landbank baru," ujarnya.

Program penanaman kembali yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia menunjukkan bahwa para pemain kelapa sawit akan semakin sulit mendapatkan landbank baru. (NEDELYA RAMADHAN/m)I

Berita Terbaru