Kementerian Perhubungan Upayakan Terminal Pelabuhan Berkonsep Modern

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Oktober 2018 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Kementerian Perhubungan menginginkan terminal penumpang semua pelabuhan di Indonesia berkonsep modern. Seperti yang sudah diterapkan di bandara.

"Tentu kami sangat ingin konsep terminal penumpang di setiap pelabuhan natinya seperti bandara," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Raden Agus H Purnomo saat berada di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Senin (8/10/2018).

Menurut Raden Agus, dengan konsep terminal yang modern, calon penumpang dan penumpang kapal yang singgah di pelabuhan akan merasa lebih nyaman. Sehingga tidak kepanasan atau merasa tidak nyaman nantinya.

"Jadi jika semua pelabuhan sudah memiliki terminal modern, penumpang sudah dimanjakan dengan kenyamanan mulai dari masuk dan cek in, kemudian naik ke ruang tunggu dan pada saatnya masuk ke dalam kapal laut," sebut Raden Agus.

Dengan demikian, diharapkan paling tidak nantinya akan semakin meningkatkan jumlah penumpang kapal laut setiap tahunnya.

Saat ini, salah satu pelabuhan kapal laut yang memiliki terminal modern yakni Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Di mana terminal tersebut berkapasitas 4.000 orang dengan tiga lantai. Juga dilengkapi dengan dua unit garbarata boarding bridge yang menghubungkan terminal penumpang dengan kapal melalui fasilitas berupa lorong yang dapat bergerak secara horisontal dan vertikal.

Garbarata boarding bridge itu disesuaikan dengan posisi pintu pada dek kapal dan dilengkapi dengan pendingin udara. Sehingga penumpang akan merasa nyaman saat berada di tempat itu.

"Tentu semua tidak harus seperti terminal di bandara. Namun yang pasti semua terminal pelabuhan harus ditingkatkan agar pelayanan lebih baik lagi," ungkap Raden Agus. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru