Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Festival Marunting Batu Aji Untuk Lestarikan Kearifan Lokal

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Oktober 2018 - 11:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya melestarikan kearifan lokal serta memberikan hiburan kepada masyarakat dalam rangkaian HUT ke-59 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Festival Marunting Batu Aji (FMBA) 2018.

Ajang yang digelar di Taman Segitiga kawasan Bundaran Pancasila, Pangkalan Bun ini dibuka oleh Bupati Kobar Nurhidayah, Selasa (9/10/2018).

Dalam sambutanya bupati mengatakan, ajang yang digelar hingga Kamis (11/10/2018) ini selain bertujuan melestarikan seni budaya lokal juga sebagai upaya menggali kreativitas dan rasa memiliki terhadap budaya nasional.

"Karena menjaga kearifan lokal jauh lebih penting dari pada memiliki bangunan megah. Bayangkan bila kita telah kehilangan budaya, meski kita memiliki berbagai infastruktur megah, tapi, karakter kita hilang tentunya hal tersebut tidak ada gunanya," jelasnya.

Karena itulah partisipasi aktif dari masyarakat sangat berperan dalam penyelenggaraan even tersebut.

"Untuk itu saya mengimbau masyarakat Kobar agar turut serta dan aktif dalam kegiatan ini. Berbagai kegiatan kreatif dan konstruktif serta strategis merupakan salah satu upaya mendorong kemajuan pariwisata dan budaya bangsa," imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kobar, Rosihan Pribadi menjelaskan ada berbagai lomba dan atraksi budaya tradisional ditampilkan dalam FMBA ini.

"Lomba tradisional tersebut adalah balogo, bagasing, sepak sawut, karungut, tirik dan berbagai tarian tradisional. Ada tiga titik yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu di Taman Segitiga, kawasan Pangkalan Bun Park dan halaman Pasar Palagan Sari," jelasnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru