Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Kalteng Apresiasi Kegiatan Festival Budaya Marunting Batu Aji 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Oktober 2018 - 13:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengapresiasi kegiatan Festival Budaya Marunting Batu Aji,yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam rangka memperingati HUT Kobar ke-59.

"Kami sangat mengapresiasi adanya kegiatan budaya ini, karena Pemerintah Kobar sudah melaksnakan misi untuk melestarikan budaya lokal," ujar Kadisbudpar Kalteng Guntur Talajan, Selasa (9/10/2018). 

Dengan adanya kegiatan tersebut, dirinya sangat mendukung sepenuhnya. Bahkan sangat mengapresiasi karena sudah membantu pihaknya dalam melestarikan budaya yang ada di Kalimantan Tengah.

Apalagi kegiatan tersebut juga berbarengan dengan HUT ke-59 Kobar, sehingga semakin memberikan semarak yang menjadi minta tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan yang datang ke kabupaten tersebut. 

"Tentu hal ini sangat membantu Kobar untuk semakin dikenal tentang wisatanya. Jadi ini adalah satu momentum untuk semakin meningkatkan pariwisata di daerah tersebut," katanya. 

Dirinya juga mengatakan Festival Marunting Batu Aji ini juga sangat baik bagi pengenalan anak-anak di daerah tersebut.

Sehingga mereka masih tetap mengenal seni budaya dan olahraga tradisional peninggalan jaman dahulu. Bahkan mereka bisa terlibat langsung terhadap kegiatan tersebut. 

"Saat ini, jika kebudayaan, seni, dan olahraga tradisional tidak dilestarikan. Maka bukan tidak mungkin akan tergerus oleh jaman. Jadi kegiatan ini sangat baik dan harus dilaksanakan setiap tahunnya," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru