Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Instruksikan SOPD Lakukan Percepatan Serapan Anggaran di Triwulan IV

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 Oktober 2018 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lantaran hingga berakhirnya triwulan III telah berakhir, namun capaian realisasi anggaran masih rendah, sehigga Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah meminta kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar melakukan percepatan penyerapan anggaran dan percepatan pelaksanaan fisik pada triwulan ke IV 2018.

Pesan ini disampaikan Nurhidayah dalam pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Triwulan III yang digelar di Kantor Bappeda Kobar, Kamis (11/10/2018).

"Secara normatif sebenarnya target capanan realisasi fisik dan keuangan pada triwulan III ini minimal 85 persen. Tapi berdasarkan laporan kepala Bappeda Kobar, sampai 30 September 2018 tingkat kemajuan realisasi fisik dan keuangan untuk belanja langsung masih di bawah target yang ditetapkan," jelasnya.

Bupati menyampaikan berdasarkan laporan tersebut untuk belanja langsung dana APBD realisasi fisik yang sudah dicapai adalah 71,62 persen dan realisasi keuangan 49,83 persen.

"Kemudian belanja tidak langsung dana APBD, realisasi fisiknya 75 persen dan realisasi keuangan 63,16 persen. Setelah itu untuk Dana Alokasi Khusus (DAK), realisasi fisik 77,48 persen dan realisasi keuangan 54,15 persen," imbuhnya.

Karena itulah bupati meminta pada seluruh APBD agar melakukan percepatan penyerapan anggaran dan percepatan pelaksanaan fisik pada triwulan IV. "Bila ada kendala, maka dalam forum iniah kesempatan kita untuk dalat menggali setiap permasalahan yang dihadapi SKPD, berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan secara bersama mencari solusinya," jelasnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru