Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Murung Raya Minta SOPD Pahami 4 Hal Penting Ini Dalam Rencanakan Pembangunan

  • Oleh Trisno
  • 12 Oktober 2018 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bupati Murung Raya (Mura) Perdie mengatakan, dalam melakukan setiap perencanaan pembangunan SOPD harus mengerti 4 hal penting yang menjadi dasar dan wajib dipenuhi.

“Saya minta satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) pahami poin penting saat membuat sebuah perencaan program, jangan sampai melengceng dari situ,” tutur Bupati saat membuka Konsultasi Publik Rancangan Pembangunan 2019 – 2023, belum lama tadi.

Empat poin itu, pertama, perencanaan pembangunan yang dibuat harus satu kesatuan dengan sistem perencanaan nasional.

Kedua, perencanaan pembangunan akan dilanjutkan pelaksanaannya oleh Pemerintah Daerah dan juga para pemangku kepentingan.

Ketiga, harus dappat mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana pembangunan daerah, agar nanti pelaksanaanya tidak terjadi kendala.

Dan keempat, perencanaan pembangunan harus berdasarkan kondisi dan potensi masing masing daerah.

“Empat poin prinsip tersebut harus dipenuhi dan dijadikan dasar pertimbangan dan pemikiran saat melanjutkannya ke pengajuan penyusunan Rencana Strategis (Renstra),” pungkas Bupati.

Selain itu, Bupati mengingatkan keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi dengan ketetapan dalam merumuskan kebjakan piblik dan perencanaan yang matang.

Kedepan, sangat penting harus diperhatikan yaitu perencanaan yang berbasis penelitian.

Pelaksanaan uji publik perencanaan pembangunan sendiri berdasarkan laporan Kepala Bappelitbangda  tidak hanya melibatkan jajaran SOPD namun juga mengundang para pemangku kpentingan dan para tokoh dalam rangka memberikan masukan dan saran. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru