Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TP4D Kejaksaan Dukung Pengembangan Pariwisata di Pulang Pisau

  • Oleh James Donny
  • 12 Oktober 2018 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Tim Pengawalan, Pengamanan, Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Pulang Pisau memberikan dukungan kepada pemerintah kabupaten untuk pengembangan pariwisata. 

Hal tersebut dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, Triono Rahyudi terkait adanya permintaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk pendampingan dari TP4D pada program pengembangan pariwisata. 

Dinas pariwisata Kabupaten Pulang Pisau rencananya akan melakukan pengembangan ekowisata Taman Nasional Sebangau di Kecamatan Sebangau Kuala, dan ekowisata Desa Tangkahen, Kecamatan Banama Tingang.

"Agar ini bisa terwujud dengan baik, dukungan semua OPD terkait sangat diperlukan dalam rangka percepatan pembangunan pariwisata di Pulang Pisau," kata Triono.

Konsep pariwisata yang dirumuskan TP4D dan Dinas Budpar serta sejumlah SOPD terkait, terdiri dari beberapa kategori, yakni wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, wisata edukasi dan hortikultura. 

Triono mengatakan banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk pariwisata Pulang Pisau. 

Contohnya, ada rumah induk pahlawan pejuang kemerdekaan HM Sanusi, dan bisa digarap menjadi museum untuk wisata edukasi. 

Wisata susur sungai juga menurutnya dapat menjadi konsep untuk wisata alam dan wisata buatan dengan canal-canal kecil yang menampilkan suasana asri, indah, teduh. 

Demikian juga Kabupaten Pulang Pisau terkenal dengan tanaman pangan perkebunan dengan aneka macam tanaman buah bisa menjadi konsep untuk wisata hortikultura. (JAMES DONNY/B-11) 

Berita Terbaru