Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seismik 2D Block Babai di Barito Timur Tuai Hasil Memuaskan

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 12 Oktober 2018 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang- Aktivitas Seismik 2D atau proses perekaman data kandungan gas atau minyak bumi di Kabupaten Barito Timur oleh Komodo Energy Babai Tanjung Ltd dan PT Sucofindo, mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Aktivitas perekaman sampai saat ini mencapai 96,1%. Walau tidak mencapai 100%, dari hasil tersebut diketahui bahwa Kabupaten Barito Timur memiliki kandungan minyak bumi yang sangat melimpah," ukap Akhmad Suhendro, koordinator Humas PT Sucofindo, Jumat (12/10/2018).

Ia melanjutkan, hasil perekaman tersebut akan dilakukan pengkajian lagi di Jakarta. Paling lambat hasilnya akan diketahui pada awal 2019.

"Bila hasilnya sudah diketahui pemerintah pusat dan pemerintah daerah, nantinya akan melakukan seleksi titik mana saja yang memiliki kandungan minyak bumi cukup bagus dan berpotensi," ungkapnya.

Untuk kompensasi akibat aktivitas seismik 2D, seperti penggantian tanam tumbuh dan lubang bor akan diselesaikan paling lambat pada 20 Oktober 2018. 

Sedangkan untuk kompensasi rumah warga yang retak akibat terkena getaran seismik 2D dilaksana pergantian setelah Dinas PUPR Barito Timur selesai melakukan pendataan.

"Kompensasi bagi rumah warga yang rusak seperti retak, pihak perusahaan tetap akan melakukan pergantian dan perbaikan. Akan diselesaikan di akhir Oktober 2018," tegasnya.

Sementara itu, Adi Purbantor, Humas KE Babai Tanjung Ltd, mengatakan bahwa secara pribadi dan perusahaan, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak, seperti Pemkab Barito Timur, kelurahan, kecamatan dan pemerintah desa, tokoh masyarakat serta TNI dan Polri yang sudah sudah membantu menyukseakan proyek seismik 2D Block Babai di Kabupaten Bartim.

"Kita selama ini berterimakasih sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang sudah menyukseskan project seismik 2D Block Babai, yang juga merupakan program pemerintah pusat," tuturnya. (PRASOJO EKO/B-3)

Berita Terbaru