Hadapi Perubahan Cuaca, Ini Saran Distan Kapuas Bagi Peternak Sapi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 Oktober 2018 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Menghadapi perubahan cuaca yang mulai terjadi beberapa waktu terakhir, Kasi Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas, Anik Ariswandari, memberikan tips agar sapi ternak tetap sehat.

"Kalau lagi perubahan cuaca seperti ini bagusnya diberikan minum air gula merah supaya daya tahan tubuh sapi meningkat. Sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menimpa sapi," ungkap Anik Ariswandari, Sabtu (13/10/2018).

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan peternak sapi agar memberikan pakan yang cukup setiap hari. Sehingga sapi tetap kenyang dan tidak mudah sakit.

"Selain itu, juga perlu diperhatikan kebersihan kandangnya. Karena ini bisa saja memicu datangnya penyakit pada hewan," tuturnya.

Ia berharap, hal itu bisa terus diperhatikan peternak, sehingga kondisi hewannya bisa terus sehat dan berkembang biak dengan baik.

"Semoga saran ini bermanfaat, sekaligus pengingat peternak sapi agar memperhatikan peliharaan mereka dalam menghadapi perubahan cuaca saat ini," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru