Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi CPO September Bisa Lampaui 4,25 Juta Ton 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 15 Oktober 2018 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Produksi minyak kelapa sawit (CPO) pada September tahun ini meningkat dan berpotensi mencapai titik tertinggi volume produksi kelapa sawit pada tahun ini. 

Namun, perlu diwaspadai penurunan produksi CPO semenjak memasuki Oktober dan berlanjut pada bulan-bulan mendatang.

"Kami memperkirakan produksi CPO pada September bisa melewati angka 4,25 juta ton. Musim kemarau yang masih berlangsung di sebagian besar wilayah Indonesia, turut mendukung peningkatan produksi minyak kelapa sawit," kata Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), Derom Bangun, di Jakarta akhir pekan lalu. 

Kenaikan produksi pada September lalu, menurut Derom, memang tidak signifikan jika dibandingkan dengan sebulan sebelumnya. 

"Tapi itu sudah bagus dan menjadi produksi yang tertinggi," papar dia.

Sebagai perbandingan, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat, produksi CPO pada Agustus 2018 mencapai 4,06 juta ton. Jika produksi CPO September mencapai 4,25 juta ton, produksi tersebut meningkat sekitar 4,68%.

Derom menjelaskan memasuki Oktober, produksi CPO berpotensi melambat. Sebab mulai Oktober ini hujan diperkirakan akan mengguyur sejumlah wilayah perkebunan dan sentra produksi kelapa sawit. 

"Memang secara umum begitu siklusnya, produksi September dominan. Tapi biasanya Oktober akan menurun sedikit, November menurun lagi lebih banyak dan Desember menurun lagi," ujarnya.

Setelah mencapai puncak produksi pada September, lanjut Derom, panen kelapa sawit pada Oktober hingga akhir tahun mendatang akan memasuki siklus penurunan produksi. 

"Siklus curah hujan pada bulan-bulan di penghujung tahun yang mengguyur sejumlah kawasan pusat produksi CPO akan menekan produksi kelapa sawit," tutur Derom. (NEDELYA RAMADHANI/m)
 

Berita Terbaru