Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Komoditas Perkebunan Masyarakat Anjlok, Pemkab Diminta Hadir Berikan Solusi

  • Oleh Naco
  • 16 Oktober 2018 - 07:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Sarjono mendorong pemkab untuk hadir memberikan solusi untuk mengatasi anjloknya harga komoditas perkebunan di masyarakat, seperti sawit, karet dan rotan.

Salah satu sarannya, memberikan dukungan kepada BUMD untuk bergerak di sektor pengolahan sawit. Atau mencari pihak ketiga untuk membeli hasil karet maupun rotan.

"Seperti sawit, pemkab bisa membangun pabrik mini untuk menampung hasil perkebunan warga," kata Sarjono, Senin (15/10/2018)

Potensi tidak diterimanya hasil kebun warga itu sudah diprediksi lama. Legislator sudah pernah mengingatkan hal itu, tetapi tidak ada langkah antisipasi dari pemerintah.

Dampak yang cukup besat ada petani yang sudah frustasi. Saat ini ada warga yang mulai menjual lahan sawitnya karena kondisi harga itu. Apalagi jika dihitung secara ekonomis dengan harga Rp 500 per kilogram, pemilik lahan tidak mendapatkan keuntungan.

Sebab, tidak sebanding dengan upah panen Rp 250 ribu per ton. Belum lagi biaya pupuk dan perawatannya.

"Saatnya pemerintah hadir, karena ini dampaknya sangat luar biasa. Kasihan masyarakat. Kemana mereka minta solusi kalau tidak dengan pemerintah," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru