Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Jajaki Kerjasama Penelitian dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 Oktober 2018 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kobar melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kobar mulai membangun kerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember, Jawa Timur.

Kepala DTPHP Kobar Kamaludin, Selasa (16/10/2018) mengatakan tujuan dilakukannya kerjasama dengan lembaga penelitian tersebut.

"Karena sesuai visi misi Bupati Kobar yang disampaikan Ibu Nurhidayah, pengembangan pertanian dalam arti luas di antaranya pengembangan tanaman kopi dan kakao di Kabupaten Kobar maka diperlukan penelitian oleh para ahli untuk mencari varietas apa dari tanaman tersebut yang cocok ditanam di Kabupaten Kobar," jelas Kamaludin.

Pasalnya, lanjut Kamaludin, bila asal tanam saja tanpa ada penelitian ilmiah tentang varietas yang cocok ditanam di Kabupaten Kobar, maka hasilnya diperkirakan tidak akan maksimal.

"Pada dasarnya semua kopi dan kakao kalau ditanam di tempat kita, bisa saja tumbuh. Namun apakah nanti akan tumbuh jadi varietas terbaik tentunya harus melalui penelitian secara ilmiah.

Jangan sampai nantinya masyarakat sudah terlanjur buang tenaga, waktu dan biaya untuk menggarap lahan, namun hasilnya tidak maksimal.

Lantaran  asal tanam saja, tanaman tersebut tidak cocok dengan kondisi tanah, iklim, kelembaban dan sebagainya di Kabupaten Kobar," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru