Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luas Wilayah Barito Selatan Berkurang 42 Ribu Hektare

  • Oleh Uriutu
  • 16 Oktober 2018 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Setelah ditetapkan tata batas antara Barito Selatan (Barsel) dan Barito Timur (Bartim) oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kini luas wilayah Barito Selatan berkurang 42 ribu hektare.

“Kita akan membentuk tim, karena berdasarkan peta awal Barito Selatan kehilangan luas wilayah sekitar 42 ribu hektare,” tanda Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri, Selasa (16/10/2018).

Ia mengatakan, ini sangat merugikan Barsel. Meskipun begitu pihaknya akan membicarakan hal ini lebih lanjut lagi.

Namun, lanjut dia, apabila dalam prosesnya nanti disepakati bersama batas ini akan dijadikan definitif karena Barito Selatan dan Barito Timur merupakan dua suadara kandung yang dekat.

“Kita akan kembalikan berdasarkan UU lagi dan semoga pemerintah pusat dan provinsi bisa menetapkan ini agar masalah perbatasan bisa diselesaikan secepatnya,” ucap dia.

Permasalahan tata batas Barsel-Bartim, lanjut dia, memang sudah lama terjadi. Namun beberapa waktu yang lalu kemendagri memutuskan tata batasnya.

Hal ini dikarenakan, sebelumnya pernah diputuskan oleh Gubernur, namun salah satu tidak menerima maka diserahkan ke Kemendagri untuk memutuskannya. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru