Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Status Siaga Darurat Karhutla di Kotim Diturunkan Menjadi Waspada 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 Oktober 2018 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) menurunkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi waspada. Hal ini, seiring peralihan musim dari kemarau ke penghujan.

"Hari ini kami sepakati status siaga diturunkan menjadi waspada," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, M Yusuf, Selasa (16/10/2018). 

Dia mengatakan, dasar penurunan status tersebut, mengikuti prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit. 

Kemudian, dalam beberapa hari belakangan ini, sudah tidak ada terpantau titik panas di Kotim. Hal itu dikarenakan intensitas hujan yang mulai meningkat.

"Jadi berdasarkan pantauan BMKG, saat ini sudah masuk musim hujan. Sehingga hal itulah yang mendasari kami untuk menurunkan status siaga menjadi waspada," kata Yusuf. 

Sementara itu, Kepala BMKG Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan mengatakan, musim hujan diperkirakan terjadi hingga April 2019 mendatang. Puncaknya yakni pada Januari - Februari 2019.

Selain itu, posko siaga karhutla pun dibongkar, dan tim satgas kembali bertugas ke instansi masing-masing. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru