Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Palangka Raya Sediakan Ruangan Ibu dan Bayi Baru Lahir

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 Oktober 2018 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri menyebut akan memperhatikan kebutuhan gizi narapidana perempuan berinisial Dn, 31, yang baru melahirkan pada Jumat (5/10/2018). 

Pemenuhan gizi Dn jadi perhatian demi tumbuh kembang sang bayi bernama Nalika Anastasya. Di sisi lain, pihak Rutan juga menyediakan ruangan tersendiri sebagai tempat tinggal ibu dan bayi tersebut. 

"Kita di blok perempuan ada tiga kamar. Duanya berkapasitas besar. Jadi, satunya akan ditempati ibu yang baru melahirkan, tidak dicampur dengan narapidana lain," kata Fikri, Selasa (16/10/2018). 

Ia menuturkan, saat ini terdapat 40 narapidana yang berada di blok perempuan. Selain ibu yang melahirkan, semua diarahkan tinggal di dua ruangan berkapasitas besar. 

"Masih ada satu lagi yang mungkin dalam waktu dekat akan melahirkan juga. Jadi sama, masuk ke sini (Rutan) sudah dalam kondisi hamil besar," ungkapnya.

"Kita akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik. Akan memenuhi gizi ibu karena si bayi minum ASI. Kalau nanti sudah bisa susu formula, kita akan bantu," tuturnya.

Dn menjalani pidana kasus narkoba dengan vonis 4,6 tahun. Sebelumnya, ia ditangkap aparat kepolisian pada April 2018 karena mengedarkan sabu. 

Saat masuk ke Rutan, kondisinya sudah hamil sekitar tujuh bulan. Kendati demikian, Dn mengaku keterlibatannya hanya sebatas mengedarkan, bukan pemakai. 

Untuk suaminya, Dn menyebut juga menjalani masa pidana atas kasus serupa di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya. Sang suami lebih dulu ditangkap dan dijatuhi vonis 5,7 tahun. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru