Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Minta 2 Kabupaten Hormati Keputusan Mendagri Terkait Penetapan Tata Batas

  • Oleh Uriutu
  • 17 Oktober 2018 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Anggota DPRD Barito Selatan James Janjam minta untuk menghormati keputusan Menteri Dalam Negeri terkait penetapan tata batas Barsel-Bartim.

Ia mengatakan, dari awal tata batas dimulai dengan adanya kesepatan antardesa yang berbatasan langsung clear dan kesepakatan antarkecamatan juga selesai. Namun antarkabupaten terkait tata batas ini masih belum sepakat.

Karena tidak ada kesepakatan, lanjut dia, maka antara Barito Selatan-Barito Timur sepakat menyerahkan urusannya ke provinsi atau ke gubernur. Namun setelah diputuskan oleh gubernur tetap tidak menemui kesepakatan.

Oleh karena itu, kedua kabupaten sepakat menyerahkan sepenuhnya kebijakan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Baru-baru ini tata batas tersebut ditetapkan oleh Mendagri.

Menurutnya, setelah diputuskan oleh Mendagri, tata batas Barsel-Bartim. Sesungguhnya tidak ada lagi permasalahan terkait tata batas ini.

“Artinya mari kita hormati keputusan yang telah ditetapkan oleh Mendagri. Agar permasalahan tata batas ini cepat selesai,” tandas James Janjam kepada Borneonews, Rabu (17/10/2018).

Ia mengatakan, sesungguhnya Bartim ini merupakan anak dari Barsel. Artinya apa yang sudah diberikan oleh Kabupaten induk seharunya mereka bersyukur.

Karena, lanjut dia, Bartim bisa menjadi kabupaten itu ditunjang dan dibantu oleh Barito Selatan pada detik-detik terakhir.

“Kita meminta kepada Bartim jangan ngototlah apa yang telah ditetapkan oleh Mendagri mari kita terima sama-sama,” ucap dia.

Ia menegaskan, jika dihitung untung dan ruginya terkait keputusan Mendagri ini justru Barsel yang banyak rugi yakni kehilangan luas wilayah sekitar 42 ribu hektar.

Berita Terbaru