Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tenaga Kontrak Tidak Bekerja Dengan Baik Diancam Diberhentikan 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Oktober 2018 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bagi tenaga kontrak di Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) harus bekerja maksimal. Jika tidak menjalankan tugasnya dengan baik dan malas-malasan maka diancam akan diberhentikan. 

"Kami ingin semua rekrutan pegawai kontrak untuk menutupi kekurangan pegawai negeri ini bekerja dengan baik. Jadi kalau mereka malas dan terkesan ogah-ogahan, lebih baik kami berhentikan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Rabu (17/10/2018). 

Dalam waktu dekat pihak pemerintah akan melakukan evaluasi terhadap para tenaga kontrak yang direkrut oleh pemerintah. Karena selama ini masih banyak yang tidak memiliki pekerjaan di sebuah instansi. Dan itu hanya akan menambah beban pengeluaran keuangan daerah. 

"Ada beberapa tenaga kontrak yang hanya turun absen saja. Karena mereka malas dan tidak mau bekerja, dan itulah yang akan kami evaluasi," kata Halikinnor. 

Ia menerangkan, saat ini pihaknya mengeluarkan dana besar untuk menggaji tenaga kontrak. Bahkan besarannya mencapai Rp110 miliar per tahun. 

Sehingga dengan dana sebesar itu harus memiliki dampak yang baik bagi kabupaten ini.

"Jadi kami akan mengevaluasi kembali. Semua SOPD harus menghitung, bidang apa saja yang masih kurang pegawainya. Dan itulah yang akan diisi oleh tenaga kontrak nantinya," terang Halikinnor. 

Halikin juga minta Kepala Dinas Pendidikan mendata para guru honor yang digaji melalui dana BOS agar mereka nanti menjadi tenaga kontrak daerah sehingga gaji mereka bisa standar upah minimum kabupaten (UMK). (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru