Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Terlambat Beri Penanganan Sakit di Masa Pancaroba

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Oktober 2018 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Politisi Partai Golkar Palangka Raya, Surileli N Ladung mengingatkan masyarakat agar jangan sampai terlambat untuk memberikan penanganan apabila ada salah satu anggota keluarga terkena penyakit seperti diare, muntaber ataupun demam berdarah. Penyakit-penyakit ini menurutnya rawan terjadi di musim peralihan atau pancaroba seperti saat ini.

"Tanda-tanda awal saat terkena penyakit harus diwaspadai, segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan. Biasanya seperti demam tinggi, muntah-muntah diiringi dengan sakit perut itu menjadi gejala awal. Selaku orang tua, kita harus cepat tanggap memberikan penanganan kepada anak maupun anggota keluarga lainnya," katanya, Kamis (18/10/2018).

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya ini berharap agar seluruh masyarakat di Kota Cantik bisa cepat tanggap dan mewaspadai musim peralihan yang sudah mulai tiba. Sebab, katanya, faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap penyakit khususnya yang berkaitan dengan cuaca.

"Partisipasi aktif dari masyarakat setempat sangat penting. Apabila ada kasus penyakit menular yang disebabkan perubahan cuaca terjadi di lingkungan sekitar agar segera melaporkan kepada petugas kesehatan terdekat. Dengan adanya data yang masuk ke pemerintah, tentu pihaknya juga akan bisa lebih fokus menjalankan program pencegahan disekitar masyarakat," tutup Surileli. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru