Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tax Ratio Setoran Pajak Atas DD Dan ADD Di Barsel Baru 1,78 Persen

  • Oleh Uriutu
  • 19 Oktober 2018 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Tax Ratio atas setoran pajak Dana Desa dan Alokasi Dana Desa di Barito Selatan masih 1,78 persen.


"Untuk tax ratio atas setoran pajak di Barsel masih rendah atau hanya 1,78 persen," kata Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Buntok, Widanarko kepada Borneonews, Jumat (19/10/2018).

Ia membeberkan, meski demikian, untuk setoran pajak atas DD dan ADD sampai dengan 17 Oktober 2018 sudah 100 persen. 

Artinya, lanjut dia, semua desa Barito Selatan telah menyetor atau membayar pajak. 

Namun demikian, tax ratio atas setoran pajak tersebut masih 1,78%. 

"Dari semua desa diempat Kabupaten diwilayah kerja KPP Pratama Muara Teweh, hanya Barsel yang sudah 100 persen atau 86 desa telah menyetorkan pajak atas pelaksanaan ADD dan DD," ucap dia.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya menyampaikan apresiasi atas sinergi antara Direktorat Jenderal Pajak dalam hal ini KPP Pratama Muara Teweh dan KP2KP Buntok dengan pemkab Barsel dalam melakukan monitoring atas setoran pajak DD/ADD.

Ia menmbahkan, berdasarkan tax ratio setoran pajak DD/ADD KPP Pratama Muara Teweh untuk desa di wilayah Barsel pada 2017 rata-rata 5-7%. 

Oleh karena itu pihknya mengimbau sampai dengan akhir tahun 2018 diharapkan atas pencairan/penyaluran DD/ADD tersebut, Tax Ratio-nya minimal sama dengan Tahun 2017.

"Karena hal itu dapat digunakan sebagai salah satu indikator monitoring dan evaluasi atas efektifitas pelaksanaan DD/ADD," harap dia. (URIUTU DJAPER/m)


TAGS:

Berita Terbaru