Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Gelar Pertemuan Implementasi Kebijakan Germas

  • Oleh Ramadani
  • 22 Oktober 2018 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Utara  menggelar pertemuan implementasi kebijakan lintas sektor terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kabupaten Barito Utara di aula Bappeda Litbang, Senin (22/10/2018).

“Pertemuan penguatan implementasi kebijakan lintas sektor terkait Germas di tingkat Kabupaten Barito Utara ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengidentifikasi kontribusi lintas sektor yang dapat mendukung Germas masuk ke dalam dokumen perencanaan tahun berikutnya,” kata Sekda Barito Utara H Jainal Abidin saat membuka kegiatan tersebut.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017, Kementerian/Lembaga BPJS Kesehatan dan pemerintah daerah menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing untuk mewujudkan Germas.

“Di tingkat daerah, koordinasi perencanaan dan pelaksanaan Germas menjadi tanggung jawab Gubernur dan Bupati/Walikota yang didelegasikan kepada Sekretariat Daerah atau Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Pada tingkat Kabupaten/Kota, koordinasi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan melibatkan seluruh OPD, pemerintah desa dan pemangku kepentingan terkait,” katanya.

Ia mengatakan, pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru