Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Terendam Banjir, Warga Desa Talingke Kini Kembali Gunakan Feri Penyeberangan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 Oktober 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jalan poros Desa Talingke menuju Petak Bahandang Kecamatan Tasik Payawan putus akibat terendam banjir luapan Sungai Katingan.

Banjir ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Kini warga Desa Talingke kembali menggunakan jasa feri penyeberangan ataupun getek guna melintasi jalan yang terendam air itu.

"Sudah sekitar seminggu ini jalan poros menuju desa kami terendam banjir akibat luapan Sungai Katingan," sebut Zulkarnaen saat berada di Kasongan, Rabu (24/10/2018).

Menurutnya, debit air Sungai Katingan sejak sepekan terakhir di daerahnya meninggi. Hal ini akibat curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini terutama di wilayah hulu.

"Saat kemarau kemarin segala jenis kendaraan baik truk, roda empat maupun sepeda motor tidak mengalami hambatan dan langsung sampai kampung, tapi setelah jalan poros arah Jalan Lintas Kereng Pangi - Baun Bango terendam air sekarang semua jenis kendaraan itu tidak bisa lewat," ujarnya.

Jika warga hendak bepergian ke Petak Bahandang atau Kereng Pangi, Zulkarnaen mengaku warga harus menggunakan jasa feri penyeberangan atau getek.

"Jadi masyarakat Desa Talingke sekarang kalau mau bepergian harus menambah ongkos feri penyeberangan itu," imbuhnya.

Dari catatan borneonews.co.id hampir setiap tahun terutama pada musim penghujan ruas jalan poros itu selalu kebanjiran. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru