Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sawit Sumbermas Setuju Pemerintah Evaluasi Izin Lahan Sawit di Kawasan Hutan

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 25 Oktober 2018 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) mendukung rencana pemerintah mengevaluasi perizinan 2,3 juta hektare (ha) lahan perkebunan kelapa sawit yang berada di dalam kawasan hutan. 

"Kami mengganggap positif rencana pemerintah mengevaluasi lahan, karena berkaitan dengan praktik Good Corporate Governance (GCG) dan sustainability perusahaan sawit," kata Corporate Secretary PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) Swasti Kartikaningtyas dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Selain itu, katanya, dengan adanya kepastian hukum, diharapkan proses pengurusan perizinan lahan kelapa sawit menjadi lebih jelas. Area peruntukan lahan juga jelas statusnya dan tidak tumpang tindih.

"Tetapi, tentunya hal ini harus didukung oleh seluruh stakeholders. Artinya, perusahaan berkomitmen, pemerintah komitmen, dan masyarakat sekitar juga komitmen terhadap peraturan," papar Swasti.

Terkait masukan untuk peraturan turunan Inpres moratorium lahan sawit, lanjut Swasti, pelaku usaha tentunya berharap kebijakan baru nantinya berjalan konsisten. 

"Di sisi lain, diharapkan batasan lahan sesuai peruntukannya menjadi semakin jelas," ujarnya.

Sedangkan Kepala Riset Narada Kapital Indonesia, Kiswoyo Adi Joe, menambahkan evaluasi lahan akan membuat area-area sawit yang bermasalah kian berkurang. Hal ini tentunya dapat mengurangi pasokan dan memberikan dampak positif bagi industri.

"Ini kebijakan yang bagus banget. Dengan standar yang ketat, lahan sawit akan semakin terbatas dan isu kampanye negatif dapat ditepis dengan kuat," tutur Kiswoyo. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru