Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tarian Khas Kalteng Memukau di Kancah Internasional

  • Oleh Budi Yulianto
  • 25 Oktober 2018 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penampilan tari Dadas Bawo dan Tari Mandau dari Kalimantan Tengah berhasil memukau pengunjung pada ajang Lintas Nusantara di Singapura, beberapa waktu lalu. 

Kalteng hadir bersama tiga provinsi lainnya perwakilan Indonesia pada event internasional yang digagas oleh Malay Heritage Center (MHC) sejak 19-20 Oktober 2018. Dalam hal ini, Kalteng mendapat kesempatan menampilkan kesenian daerah berupaya tarian. 

Ketua Tim Tarung Utus Dayak, Christiana Pearlly Handuran mengatakan negara tetangga juga memberikan penampilan untuk pengunjung khususnya masyarakat Singapura dan wisatawan yang memadati area pertunjukan. 

Ia menuturkan, Kalteng menampilkan dua jenis tarian dalam event tahunan tersebut. Yakni tari Dadas Bawo berjudul Slamat Panalu dan tari Mandau dengan judul Penjaga Lewu. 

Christiana menuturkan, penampilan Kalteng mendapat respon yang luar biasa. Baik dari panitia, pihak MHC maupun penonton. Bahkan, penampilan Kalteng juga sangat dinanti-nanti mereka. 

“Penampilan Kalteng menjadi yang sangat ditunggu dan dinantikan oleh para pengunjung. Kita sangat bersyukur, apa yang ditampilkan itu mampu memukau seluruh penonton yang hadir," ucap Christiana penuh bangga, Kamis (25/10/2018). 

Ia menambahkan, penampilan tarian khas asal Kalteng itu di bawah binaan Sanggar Antang Batuah. Kemudian, terbentuklah tim bernama Tarung Utus Dayak dengan total 14 anggota. 

Di antaranya delapan pemain musik dan enam penari. Sebelum tampil, mereka berlatih memadukan tarian dengan musik tanpa lelah. 

Berkat kerja keras itulah, penampilan tarian khas Kalteng memukau pengunjung. Atas hasil tersebut, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil sehingga mampu memberikan penampilan yang maksimal. 

Ungkapan terimakasih juga disampaikan ke pihak panitia, manajemen MHC yang telah bekerja keras sehingga acara berjalan dengan sukses. 

Menurut Christiana, penampilan tersebut sekaligus sebagai langkah promosi budaya masyarakat Bumi Tambun Bungai di kancah internasional. (BUDI YULIANTO/B-6) 

Berita Terbaru