Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kini Indonesia Jadi Pemasok CPO Berkelanjutan Terbesar Dunia  

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 26 Oktober 2018 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lembaga sertifikasi minyak sawit internasional, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), mengakui bahwa Indonesia sebagai pemasok minyak sawit berkelanjutan terbesar dunia.

Data RSPO menyebutkan minyak sawit berkelanjutan yang diproduksi dunia mencapai 14,31 juta ton, dan sebesar 7,46 juta ton atau 52 persen berasal dari Indonesia. 

"Tentunya, ini menjadi prestasi besar untuk Indonesia. Pasalnya, sebagai produsen terbesar CPO dunia, kini predikat terbesar produsen minyak sawit berkelanjutan juga melekat kepada Indonesia," kata Direktur RSPO Indonesia, Tiur Rumondang, di Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Menurut dia, minyak sawit berkelanjutan menjadi satu-satunya minyak nabati global yang telah berhasil melaksanakan prinsip dan kriteria berkelanjutan secara universal, dengan bersumber dari perusahaan perkebunan dan petani kelapa sawit. 

Ia mengakui masih ada tantangan besar bagi dunia termasuk Indonesia, untuk mengonsumsi minyak sawit berkelanjutan yang telah berhasil diproduksi secara global. 

 
Ia berpendapat, RSPO turut memperjuangkan keberadaan minyak sawit asal Indonesia, supaya bisa dikonsumsi pasar global. Dengan menggunakan Logo keberlanjutan RSPO, maka produk minyak sawit telah dikenal sebagai produk berkelanjutan. 

"Sertifikat RSPO yang diberikan kepada perkebunan kelapa sawit Indonesia berlandaskan hasil audit independen yang telah dilakukan lembaga sertifikasi nasional," katanya.    

Sementara itu, Direktur Eksekutif GAPKI, Mukti Sardjono, mengatakan keberadaan perkebunan kelapa sawit Indonesia yang sudah melaksanakan prinsip dan kriteria berkelanjutan, berhasil memproduksi minyak sawit berkelanjutan dan lestari.  

Mukti mengatakan saat ini banyak perkebunan kelapa sawit nasional yang telah berhasil mendapatkan sertifikat RSPO, ISPO dan ISCC. 

"Perkebunan kelapa sawit Indonesia sudah memiliki kesadaran tinggi dalam melakukan praktik budidaya terbaik dan berkelanjutan," katanya. (NEDELYA RAMADHANI/m)


TAGS:

Berita Terbaru