Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Minta Pemkab Kotim Gandeng Investor Atasi Harga Sawit Anjlok

  • Oleh Naco
  • 27 Oktober 2018 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) HM Jhon Krisli meminta agar Pemkab Kotim menggandeng investor kelapa sawit untuk mengatasi persoalan anjloknya harga sawit di kalangan petani.

Investor itu sebagai pemodal untuk mendirikan pabrik mini pengelolaan kelapa sawit. Di mana pengelolaannya bisa melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dengan demikian akan menjawab apa yang jadi keluhan petani selama ini.

"Jika daerah punya pabrik mini pengelolaan sawit harga sawit petani akan normal," kata Jhon Krisli, Sabtu (27/10/2018).

Menurut Jhon, kerjasama ini tentunya akan membawa dampak positif bagi daerah salah satunya sebagai pemasukan pendapatan asli daerah. Di mana nantinya pemerintah daerah menyiapkan lahan dan mengurus perizinannya.

Sementara pemodal menyiapkan anggaran untuk biaya pembangunan pabrik tersebut. Jhon yakin banyak pemodal yang siap dengan sistem seperti itu.

"Kalau pabrik mini itu paling besar Rp80 miliar anggarannya sudah bisa berdiri. Bagi pemodal itu gampang saja," ucap Jhon.

Selama ini kata dia petani menjual sawit mereka dengen perusahaan di mana saat perusahaan di kebunnya pemanenan meninkat mereka akan mengurangi pembelian dengan petani. Pada saat itu harga sawit itu anjlok seperti sekarang ini. (NACO/B-5)

Berita Terbaru