Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Memang Tidak Setujui Pendirian Pabrik Sawit Tanpa Kerjasama

  • Oleh Naco
  • 27 Oktober 2018 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) HM Jhon Krisli menegaskan selama ini Pemkab Kotim memang tidak memyetujui pembangunan pabrik sawit tanpa kerjasama dengan pemerintah.

"Banyak saja yang mau masuk tapi pemerintah daerah tidak mau, kecuali sistem kerjasama dengan BUMD," kata Jhon, Sabtu (27/10/2018).

Inilah menurut Jhon yang tengah dilakukan oleh pemerintah daerah. Masih mencari investor untuk bisa diajak kerjasama dengan sistem bagi hasil agar mampu menampung sawit kalangan petani di Kotim.

Pembangunan pabrik mini untuk menampung sawit petani, saat ini lanjut Jhon merupakan kebutuhan. Agar petani sawit tidak terus terpuruk dengan kondisi harga yang saat ini hanya Rp500 per kilogramnya.

"Jika daerah punya pabrik kita yakin harga sawit petani tidak akan seperti ini. Karena harga sawit itu sebenarnya tidak turun," tegas Jhon.

Soal tempat menurut Jhon di Kotim masih banyak lahan kosong. Bahkan untuk tempat tersebut tidak memerlukan lahan yang begitu besar. Ia yakin daerah bisa melakukan itu tergantung dari keseriusannya saja. (NACO/B-5)

Berita Terbaru