Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Harus Berperan Aktif Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Oktober 2018 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta bisa berperan aktif meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Pendapatan tidak hanya digali oleh kecamatan dan sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) namun juga menyeluruh hingga di tingkat desa. 

"Jadi ini adalah tugas kades bagaimana agar bisa memajukan daerahnya dengan sejumlah pendapatan dari potensi, sehingga akan berdampak pada PAD di daerah ini," pesan Bupati Kotim Supian Hadi dalam acara Bursa Inovasi Desa, Senin (29/10/2018). 

Untuk menghasilkan apa yang diinginkan tersebut kata bupati memang membutuhkan kerja keras dan pemikiran cerdas dari para kepala desa dan perangkatnya. Terutama dalam bidang pemanfaatan potensi desa yang harus digali dan dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. 

Jika hal tersebut berjalan dengan baik, maka peningkatan pendapatan desa akan lebih meningkat. Bahkan bisa memberikan sumbangsih kepada peningkatan PAD Kotim. 

"Seperti di Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Hampir seluruh warganya berperan aktif memajukan desa, mulai dari program pertanian, peternakan, hingga perikanan. Ini dampaknya besar bagi Kotim, karena hasil dari itu digunakan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat," kata Supian. 

Bupati menyatakan, dengan banyaknya besaran dana desa yang dikelola, harusnya bisa dijadikan untuk menyumbang PAD bagi daerah ini. 

Seperti halnya sejumlah desa di Pulau Jawa, dimana banyak dari dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Bahkan ada yang membuat stadion sepakbola bertarap internasional, dengan menggunakan dana desa. Dan hal tersebutlah yang patut dicontoh dan dijadikan motivasi untuk membangun desa lebih baik. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru