Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peningkatan DBD di Katingan Dimulai Sejak September 2018

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Oktober 2018 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Peningkatan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Katingan khususnya di Kasongan dan Kereng Pangi Kecamatan Katingan Hilir, itu terjadi sejak September 2018.

Demikian disampaikan salah seorang dokter spesialis anak RSUD Mas Amsyar Kasongan, dr Dania di sela kunjungan Bupati Sakariyas ke rumah sakit itu, Selasa (30/10/2018).

Menurut Dania, pada September 2018 kemarin, ruangan Melati khusus pasien anak tercatat telah merawat sebanyak 9 orang pasien yang semuanya itu adalah positif terserang DBD.

Lalu pada Oktober 2018 ini jumlah pasien DBD khususnya anak-anak meningkat tajam hingga hari ini sudah mencapai 20 anak. "Sampai hari ini jumlah pasien DBD yang dirawat inap di RSUD Mas Amsyar Kasongan mencapai 20 pasien," ujar dr Dania.

Jumlah ini lebih besar hampir tiga kali lipat ketimbang September 2018.

"Sekarang pasien DBD yang masih dirawat di ruang Melati berjumlah empat anak," katanya.

Sementara itu, Bupati Katingan Sakariyas bersama Ketua TP PKK Daurwatie mengunjungi pasien DBD di RSUD Mas Amsyar.

Kunjungan orang nomor satu di Katingan ini sekaligus mengecek kebenaran informasi adanya pasien yang terserang DBD di rumah sakit ini.

"Terkait adanya warga yang terserang DBD ini kami pemerintah daerah telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk melakukan fogging fokus baik di Kasongan dan Kereng Pangi," kata Bupati Sakariyas.

Bupati Sakariyas mengaku Rabu (31/10/2018) besok dirinya bakal menuju Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah untuk ikut membasmi nyamuk penyebab DBD dengan pengasapan/foging. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru