Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonosobo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Manfaat Jika Dibangun Pangkalan TNI AL di Kumai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 31 Oktober 2018 - 12:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Judijanto menjelaskan tujuan dan manfaat akan dibangunannya Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

"Banyak yang akan bisa didapatkan terhadap keberadaan Lanal. Di antaranya adalah keselamatan pelayaran. Kita akan lebih intensif membantu Pemkab Kobar melakukan kontrol pelayanan perairan," jelas Komandan Lantamal XIII Tarakan, Rabu (31/10/2018).

Selain itu penjagaan keamanan laut lebih maksimal jika ada Lanal. "Seperti yang kita ketahui di perairan Kobar banyak kapal besar dan orang asing yang keluar masuk. Selain itu kita juga akan membantu Pemkab Kobar untuk melakukan kontrol terhadap proses keluarnya komoditas yang ada di sini apakah sesuai aturan atau tidak," jelasnya.

Banyaknya kapal yang keluar masuk di perairan Kobar menurutnya berpotensi untuk mendegradasi lingkungan.

"Bila ada kapal besar disuatu perairan tentunya akan ada potensi untuk mendegradasi lingkungan. Contohnya oil spill atau pembuangan sisa bahan bakar dan sampah dari kapal. Kemudian saat kapal lego jangkar dan sebagainya juga berpotensi merusak habitat didalam perairan," jelasnya.

Karena itulah agar dalam pengawasan tersebut seharusnya di Kalteng ada rencana zonasi pengelolaan wilayah pesisir dan laut serta pulau-pulau kecil.

"Kita akan bantu pemerintah daerah untuk mewujudkan hal tersebut. Setelah nanti peraturab daerahnya selesai dibuat, kita akan bantu untuk melakukan penegakan hukum," tegasnya.(YUDA/B-6)

Berita Terbaru