Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Laju Pertumbuhan Penduduk Barito Selatan Masih di Bawah Pusat dan Provinsi

  • Oleh Uriutu
  • 01 November 2018 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Berdasarkan data dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKB3A) Barito Selatan laju pertumbuhan penduduk masih di bawah provinsi dan pusat.

“1,21 persen laju pertumbuhan penduduk tersebut berdasarkan hasil Surpei Penduduk Antar Sensus (Supas) 2015,” kata Kepala DPPKB3A Barsel, Suriadi Kurnain, Kamis (1/11/2018).

Dia mengatakan laju pertumbuhan penduduk tersebut sangat bagus karena di bawah pertumbuhan penduduk Kalteng 2,40 persen. Pertumbuhan penduduk juga masih di bawah nasional 1,43 persen.  

Untuk total feritility rate (TFR) secara nasional 2015 sebesar 2,28 dan untuk Kalimantan Tengah 2,20 persen, sedangkan untuk Barito Selatan 2.02 persen. 

Menurutnya, keberhasilan laju pertumbuhan penduduk ini karena pihaknya melakukan berbagai pembinaan dan penekanan untuk peserta KB aktif.  

Selain itu meningkatkan usia pernikahan pertama bagi perempuan pada usia 20 tahun, karena usia nikah pertama perempuan di daerah ini masih banyak dibawah usia 20 tahun. 

Meskipun Undang-Undang Perkawinan bahwa usia pernikahan 16 tahun bagi wanita dan pria 19 tahun. Tapi berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 tentang pembangunan keluarga sejahtera menganjurkan perempuan menikah pertama usia 20 tahun, dan laki-laki 25 tahun. 

“Karena secara Psikologis, perempuan berusia 20 tahun, emosional, dan pendidikannya dinilai sudah matang, serta dari segi kesehatan reproduksinya juga sudah siap untuk dibuahi,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru