Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Pelayanan, PMI Siapkan Motor Donor Darah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 November 2018 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menyiapkan sebuah motor donor yang juga didesain untuk mengangkut darah. 

"Kami menyiapkan motor donor darah ini, guna mempermudah proses pengiriman darah ke rumah sakit. Atau pengambilan darah dari pendonor," kata Kepala UTD PMI Kotim, Yuendri Irawanto, Jumat (2/11/2018). 

Kendaraan motor tersebut sudah dimodifikasi dengan warna yang identik dengan PMI. Kemudian, ada box di bagian belakanganya, untuk menyimpan darah yang akan dibawa. 

Fungsinya selain mengantar darah, juga mengambilnya. Ini dimaksudkan agar lebih cepat. Karena jika memakai pakai mobil mungkin agak lambat, dan terkadang sulit menjangkau titik tertentu. 

"Misal dari PMI, manakala ada yang membutuhkan darah di dalam kota, maka aksesnya cepat dibandingkan menggunakan mobil," ucap Yuendri. 

Kendaraan donor darah tersebut, juga memiliki box dengan pengatur suhu atau pendingin. Di samping itu, juga lengkap dengan peralatannya. Kemudian, kendaraan ini juga difungsikan sebagai sarana sosialisasi donor darah. 

Sementara itu, Bupati Kotim Supian Hadi mengapresiasi apa yang dilakukan PMI Kotim, agar dapat membantu masyarakat dalam hal pelayanan donor darah.

"Ini sangat bagus. Mudah-mudahan bermanfaat dan lebih cepat dalam hal pelayanan. Ke depan kita harus meningkatkan pelayanannya lagi," kata Supian. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru