Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Penyelenggaran Basic Safety Training Kapal Layar Motor

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 November 2018 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pengetahuan terhadap basic safety training (BST) kapal layar motor bagi masyarakat yang beraktifitas di kapal, baik itu kapal nelayan dan kelotok wisata yang diikuti 600 peserta se-Kalteng ini bertujuan agar masyarakat tersebut care dan paham atas pentingnya keselamatan pelayaran.

Staf Ahli Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  Umar Aris, dilokasi kegkatan diklat di Swiss Belhotel Pangkalan Bun, Sabtu (3/11/2018) mengatakan intinya diklat ini merupakan penyampaian pengetahuan dasar keselamatan pelayaran bagi para peserta.

"Pengetahuan dasar tersebut adalah bagaimana pertolongan pertama dalam menangani kecelakaan serta musibah dalam pelayaran. Ini merupakan langkah awal agar masyarakat care terhadap keselamatan pelayaran," jelas Umar.

Bila telah mendapatkan pengetahuan dasar tersebut, para peserta dianggap telah memiliki kualifikasi dasar yang berguna untuk menunjang aktifitasnya dalam bidang pelayaran 

"Secara personal para peserta yang mengikuti pelatihan ini nantinya akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan bahwa peserta bersangkutan telah mengerti dan memahami teknik dasar keselamatan pelayaran. Sehingga hal ini bisa menjadi pertimbangan tertentu terkait kualitas bila peserta tersebut melamar kerja dalam bidang pelayaran," jelas Umar.

Di tempat yang sama Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Irwan menjelaskan bahwa pelatihan ini akan digelar secara berkelanjutan sesuai jenjangnya.

"Pelatihan yang digelar saat ini adalah pengetahuan dasar terkait persyaratan bekerja diatas kapal ikan. Nantinya jenjang berikut adalah pengetahuan untuk bekerja diatas kapal niaga dan tingkatan berikutnya yang lebih tinggi," jelasnya. (YD/m)

 

 

Berita Terbaru