Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barsel Pengembangan Bidang Peternakan Jadi Skala Prioritas

  • Oleh Uriutu
  • 03 November 2018 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Ketua DPRD Barito Selatan,Tamarzam menyarankan kepada pemkab pengembangan bidang peternakan jadi skala prioritas.

Hal ini, kata dia, agar kedepannya Kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus bisa menjadi swasembada daging.

"Pengembangan dalam bidang ini sangat perlu dilakukan agar keperluan daging ayam potong, dan daging sapi bisa terpenuhi terutama pada saat menjelang hari-hari besar keagamaan," kata Tamarzam kepada Borneonews. Sabtu (3/11/2018). 

Karena, lanjut dia, selama ini, ketersediaan daging ayam dan sapi sapi minim harus disuplai wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut dia, lantaran tergantung dari luar daerah, maka harga dagingnya pun selalu melonjak pada saat menjelang hari-hari besar keagamaan. 

Politisi dari PDIP tersebut membeberkan, untuk mengatasi hal itu, diharapkan kepada instansi terkait dapat membangun sentra atau kantong-kantong penyangga peternakan ayam ras, kambing, kerbau, maupun sapi. 

"Kalau sudah memiliki kantong-kantong penyangga, tentu keperluan masyarakat akan daging ayam potong maupun daging sapi akan terpenuhi dengan baik," beber dia. 

Sedangkan untuk harganya pun akan lebih murah dibandingkan dengan harga daging yang disuplai dari luar daerah. 

Ia menambahkan, dengan adanya kantong-kantong penyangga tersebutkedepannya Barito Selatan akan swasembada daging.

Karena, lanjut dia, otomatis para peternak di Barsel bisa memenuhi kebutuhan daging untuk daerahnya. Bahkan bisa menjadi distributor yang dapat menyuplai ayam ras ke daerah lain. (URIUTU DJAPER/m)

Berita Terbaru