Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Karali Murung Raya Kaya Objek Wisata

  • Oleh Trisno
  • 05 November 2018 - 07:00 WIB

BORNOENEWS, Puruk Cahu - Desa Karali Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya (Mura) ternyata kaya akan objek wisata yang tidak kalah dengan objek wisata desa lainnya yang sering terekspose selama ini.

Di mana berbagai objek wisata mulai dari pegunungan, air terjun bahkan pemandian air panas terdapat di desa tersebut.

Berjarak sekitar 15 km dari Puruk Cahu ternyata desa yang berada di tengah akses jalan antara Puruk Cahu – Seripoi ini menyimpan objek wisata yang sangat potensial dikembangkan.

Bahkan tidak jauh dari lokasi desa, terdapat hamparan sungai dan bebatuan yang indah dan juga air yang mempesona dan jarang dikunjungi karena tidak banyak orang yang tahu.

Hal itu karena memang selama ini berbagai objek wisata tersebut belum pernah mendapat perhatian dan kurang terpublikasi sehingga memang kurang mendapat kunjungan.

Warga setempat berharap potensi objek wisata di desanya bisa mendapat perhatian, dibuatkan fasilitas khususnya akses jalan dan fasilitas penunjang lainnya, karena memang selama ini minim fasilitas dan sulit untuk dijangkau sehingga terkesan ditelantarkan.

“Di desa kami banyak terdapat objek wisata di antaranya air terjun dan kolam air panas yang dulunya sering dikunjungi wisatawan, akan tetapi saat ini tidak lagi karena akses jalan dan fasilitasnya yang tidak layak,” kata Ubang, warga Karali, belum lama ini. 

Di desa Karali banyak objek wisata yang layak jual, bahkan di sungai desa tersebut terdapat kekayaan batu alam yang kini disebut dengan batu akik.

Masyarakat setempat pun sudah mulai menggali potensi tersebut dan memasarkan hasil batu mulai tersebut hingga keluar daerah mulai dari jenis lavender, pancawarna dan bio solar. Sehingga menjadi matapencaharian baru warga setempat. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru