Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian KLH Tinjau Persiapan Peresmian Gugusan Pulau Salat

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 05 November 2018 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kementerian Lingkungan Hidup melakukan peninjauan  peresmian Pulau Badak Kecil salah satu bagian dari Gugusan Pulau Salat, Kabupaten Pulang Pisau. Pulai ini sebagai suaka orangutan.

Peninjauan Pulau Badak Kecil tersebut dihadiri Kepala Sub Direktorat Penangkaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Puja Utama.

Dia menyebut apa yang saat ini PT SSMS dan BOSF lakukan di Pulau Salat adalah contoh nyata dalam mempertahankan satwa langka dari ancaman kepunahan.

"Konservasi adalah tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. Indonesia mempunyai kekayaan hayati luar biasa, termasuk satwa langka orangutan adalah harta kekayaan yang harus kita jaga dari kepunahan," ucapnya, Senin (5/11/2018).

Peninjauan ini ditandai dengan pelepasan tiga individu orangutan bernama Yasmin (betina) yang dilepaskan Head Of Sustainability PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Tbk Deuxiemi Natalia Kusumadewi, Mamalaka (betina) yang dilepaskan oleh Wakapolres Pulang Pisau Kompol Endro Aribowo dan Moncos (jantan) oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Adib Gunawan .

Selain itu peninjauan peresmian gugus Pulau Salat ini dihadiri Camat Jabiren Raya Agustinuah dan unsur akedimis UIN Antasari Banjar Masin yang kebetulan mendapat tugas KKN di Desa Pilang. (GAZALI/B-6)

Berita Terbaru