Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Kucurkan Rp40 Juta untuk Tanah Kas Desa Bunut dan Sungai Mentawa

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 05 November 2018 - 23:06 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten Lamandau memberikan bantuan berupa uang masing-masing Ro40 juta untuk Desa Bunut dan Sungai Mentawa Kecamatan Bulik. Bantuan ini ditujukan untuk pengadaan Tanah Kas Desa (TKD) kedua desa tersebut. 

Pemberian bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Lamandau H Hendra Lesmana saat acara kunjungan kerja dan syukuran Bupati dan Wakil Bupati Lamandau di Balai Desa Bunut, Senin (5/11/2018). 

Hendra Lesmana menyebutkan, pada dasarnya program TKD itu bertujuan untuk menambah Pendapatan Asli Desa (PADes). Apalagi, setiap desa di wilayah Lamandau ini banyak yang masih memiliki lahan tidur alias tidak produktif. 

"Artinya, bantuan inipun sebagai salahsatu upaya agar pemdes di dua desa ini (Bunut dan Sei Mentawa) dapat menggenjot PADes melalui penggarapan TKD," ujarnya. 

Dia bercerita, sejumlah desa di Lamandau telah menerapkan program pengelolaan TKD itu. Tanah tersebut disediakan desa untuk dikerjasamakan dengan perusahaan.

Misalnya di Desa Mekar Mulya kecamatan Sematu Jaya. Di desa tersebut kata Hendra, pemerintah desanya menyiapkan lahan sekira 10 hektare untuk ditanami kelapa sawit. Saat ini, hasilnya cukup memuaskan dengan menambah pundi-pundi keuangan desa sekitar Rp200 juta per tahun. 

"Itu kan 70 persennya bisa untuk pembangunan di desa, sisanya bisa untuk menambah kesejahteraan perangkat di desanya yang mengelola," jelasnya. 

Hendra berharap, pola kemitraan semacam itu juga dapat ditiru untuk dikembangkan di tataran masyarakat. Ada kerjasama antara masyarakat dan dunia usaha. Sehingga masyarakat jaga dapat ikut menikmati hasil dari adanya pihak swasta yang berinvestasi di Lamandau ini.  (HENDI NURFALAH/m)
 

Berita Terbaru