Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyempurnaan Rancangan RPJMD Harus Akomodasi Kebutuhan Daerah Dan Masyarakat

  • Oleh Ramadani
  • 05 November 2018 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barito  Utara Jainal Abidin berharap, penyempurnaan rancangan awal RPJMD bisa menghasilkan dokumen yang mampu mengakomodasi semua kebutuhan daerah dan masyarakat.

“Sehingga dokumen ini layak dari aspek kualitas, legalitas, substansial, dan sesuai dengan kaidah yang berlaku,” katanya saat membacakan sambutan tertulis Bupati Nadalsyah pada pembukaan konsultasi publik rencana awal RPJMD Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023 di aula Bappedalitbang, Senin (5/11/2018).

Selanjutnya, kata Sekda Jainal Abidin, dalam kerangka penyusunan RPJMD ada beberapa hal yang menjadi perhatian bersama agar seluruh perangkat daerah dapat menjabarkan visi dan misi kabupaten dengan sebaik-baiknya. Yakni cara menyusun sasaran perangkat daerah, program prioritas beserta indikator kinerja, dan tersedia datanya yang relevan serta terkait langsung dengan pencapaian visi-misi.

“Serta dalam rangka penyelesaian permasalahan daerah seperti permasalahan penyediaan infrastruktur, sumber daya manusia, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, tata kelola pemerintahan, dan permasalahan-permasalahan lainnya,” kata dia.

Selian itu, adanya perubahan paradigma pembangunan dari money follow function menjadi money follow program prioritas harus benar-benar dilakukan.

Jangan sampai program kegiatan yang direncanakan tidak berorientasi pada manfaat untuk masyarakat serta harus berorientasi pada prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru