Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta Tes CPNS Diperiksa Pakai Metal Detector Antisipasi Kecurangan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 November 2018 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna mengantisipasi terjadinya kecurangan pada saat ujian atau tes kompetensi dasar (TKD), para peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kotim akan diperiksa dengan alat metal detektor.

"Sudah kami siapkan alat metal detektor, yang mana akan kami gunakan untuk memeriksa para peserta yang akan mengikuti tes CPNS besok," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Selasa (6/11/2018).

BKD menyiapkan dua buah alat metal detektor digunakan untuk peserta pria dan juga wanita. Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan pelarangan membawa barang dari jenis tertentu seperti jam tangan, kalkulator, telepon genggam, dan lainnya yang bisa membantu peserta ujian atau juga merusak suasana saat ujian berlangsung.

"Jika kami temukan barang yang dilarang tersebut, maka langsung kami sita nantinya," kata Alang.

Pelaksanaan TKD dijadwalkan pada besok Rabu (6/11/2018) pukul 07.00 WIB. Di aula pendidikan dan pelatihan BKD, yang berada di belakang Stadion 29 November Sampit, eks Asrama Haji. 

Sementara dalam pelaksanaan ujian sendiri, BKD menyiapkan 100 buah komputer, yang mana 95 buah digunakan untuk peserta tes, sedangkan lima buah sisanya untuk persiapan jika ada kendala bagi komputer lainnya. 

Adapun jumlah soal TKD yang harus dikerjakan yakni 100 soal dengan waktu 90 menit. Di dalam soal tersebut ada tiga materi, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Dengan nilai ambang batas yakni TWK 75, TIU 80, dan TKP 143. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru