Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 November 2018 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana mengajak petani terus meningkatkan produktivitas pertanian.

"Mari kita terus tingkatkan produktivitas pertanian di Bumi Bahaum Bakuba tercinta ini. Jangan sampai ada lahan yang tidak bermanfaat, harus kita manfaatkan semaksimal mungkin. Tentunya disertai dengan pertimbangan dampak terhadap lingkungan," ajaknya  saat memberikan sambutan dalam acara tanam padi bersama, di Desa Sumber Cahaya, Kecamatan Belantikan Raya, Selasa (6/11/2018). 

Ia menyadari, sejak dikeluarkannya UU Nomor 32/1999 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, ada larangan melakukan pembakaran lahan termasuk untuk persiapan lahan pertanian, juga menjadi salah satu faktor penyebab turunnya produktifitas pertanian di Kabupaten Lamandau. 

"Karena dengan adanya peraturan tersebut maka petani di wilayah Lamandau yang sebagian besar berladang biasa melakukan pembukaan lahan secara luas dengan cara membakar, kini tidak dapat lagi melakukan pembakaran lahan untuk bercocok tanam," ujarnya. 

Saat melakukan kunjungan kerja, bupati yang didampingi sang isteri Hj Rusdiyanti juga tampak melakukan tanam perdana. Bersama sejumlah pejabat lainnya yang hadir, mereka tak canggung menanam benih padi dengan turun langsung di areal pesawahan milik petani setempat. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru