Hanya 1 Peserta Lulus Pada Sesi Pertama Tes Kompetensi Dasar di Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 November 2018 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pada sesi pertama tes kompetensi dasar (TKD) peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), hanya satu peserta yang lulus dan memenuhi nilai ambang batas/Passing Grade. 

Dalam sesi satu ini TKD diikuti 95 orang. Namun ada lima orang yang tidak hadir. Dari jumlah tersebut, hanya satu yang berhasil lulus dan memenuhi pasing grade.

Peserta yang lulus tersebut yakni Anisa (27), warga Desa Kandan, Kecamatan Kota Besi, Kotim.

Dia merupakan peserta lulusan Akademi Kebidanan (Akbid) Kotim, pada 2013 lalu. Dia mengambil formasi bidan di Rumah Sakit Pratama Supian Hadi Parenggean. 

"Alhamdulillah saya berhasil lulus, walaupun nilai yang dihasilkan belum memenuhi target saya," ujar Anisa, kepada Borneonews.co.id, usai pelaksanaan TKD, Rabu (7/11/2018). 

Dirinya berhasil lolos dengan nilai yakni tes wawasan kebangsaan dengan nilai minimal 75 dia mendspatkan nilai 95, tes intelegensia umum dirinya mendapat nilai 95 yang mana nilai minimal 80, dan tes karakteristik pribadi yang nilai minimal 143 peserta tersebut mendapatkan nilai 148.

"Total nilai yang saya dapat yakni 338, dan alhamdulilah sudsh memenuhi syarat yang sudah ditentukan pemerintah," kata Nisa. 

Smentara, dirinya mengungkapkan bahwa soal tes tersebut tidak terlalu sulit dari tes CPNS yang pernah diikutinya pada 2014 lalu. Namun dirinya mengalami kesulitan saat menjawab soal matematika. 

Sedangkan dirinya mengungkapkan, memiliki teknik snediri dalam menjawab soal. Dengan lebih dulu menjawab yang mudah. Setelah itu baru yang tersulit. Hal itu dilakukan agar bisa menjawab soal tepat waktu. 

"Setelah ini saya akan mempersiapkan diri untuk mengikuti tes berikutnya yakni tes kompetensi bidang (TKB)," ungkap Anisa. 

Berita Terbaru