Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Resmikan Tanam Perdana Program Plasma Sawit PT SSMS Tbk di Desa Bukit Jaya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 November 2018 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana secara langsung meresmikan tanam perdana program plasma tanah kas desa (TKD) di Desa Bukit Jaya, Kecamatan Bulik Timur, Selasa (6/11/2018).

Peresmian tanam perdana ini dilakukan saat bupati dan sejumlah pejabat teras Lamandau melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Bulik Timur dan Kecamatan Belantikan Raya.

Diketahui, tanam perdana bibit kelapa sawit di Desa Bukit Jaya ditanam di lahan milik desa dengan luasan sekira 10 hektare.

Program tersebut merupakan wujud dari kerja sama kemitraan plasma swadaya antara pemerintah desa dengan perusahaan swasta.

"Semoga tanam perdana ini menjadi langkah awal yang baik dalam upaya pemerintah daerah mendorong terciptanya kemandirian ekonomi desa melalui pola pemanfaatkan lahan tidur atau lahan tidak produktif menjadi lahan produktif," ucap Hendra Lesmana, Bupati Lamandau.

Program kerja sama kemitraan plasma itu dapat terwujud atas kerja sama yang baik antara pihak desat dengan perusahaan swasta yang bergerak bidang perkebunan kelapa sawit yakni PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS). 

Hendra menilai program kerjasama plasma TKD antara pemerintah desa dengan pihak swasta semacam ini nantinya akan memiliki keuntungan yang besar bagi desa.

Pasalnya, lahan yang selama ini tidak produktif melalui program tersebut pemerintah desa nantinya justru akan memiliki sumber pendapatan baru yang yang dapat menambah pendapatan desa.

"Pemerintah desa juga tidak harus bingung mencari modal untuk biaya land clearing, biaya penyediaan bibit, biaya penanaman, pemupukan dan semacamnya, karena persoalan itu menjadi tanggungjawab perusahaan, dan baru dibayarkan setelah lahan yang digarap itu produktif," katanya. 

Untuk mengganti pembiayaan tersebutpun dinilai sangat meringankan, karena pembayarannya dapat dilakukan dengan pola mengangsur tanpa bunga sepeserpun.

Berita Terbaru